Fasilitas Modern Perpustakaan Daerah Lampung

Perpustakaan modern enam lantai itu memiliki berbagai fasilitasi yang bisa bermanfaat untuk pengunjungnya, baik pelajar, mahasiswa maupun anak-anak. (foto:beritalampung)
Perpustakaan modern enam lantai itu memiliki berbagai fasilitasi yang bisa bermanfaat untuk pengunjungnya, baik pelajar, mahasiswa maupun anak-anak. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Balam) - Lampung memiliki berbagai jenis wisata, seperti alam, kuliner, termasuk edukasi.

Untuk wisata edukasi salah satunya terdapat Perpustakaan Daerah di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung.

Tempat itu bisa menjadi destinasi wisata sekaligus belajar bersama keluarga saat akhir pekan.

Perpustakaan modern enam lantai itu memiliki berbagai fasilitasi yang bisa bermanfaat untuk pengunjungnya, baik pelajar, mahasiswa maupun anak-anak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung, Riski Sofyan, mengatakan literasi masyarakat Lampung saat ini masih cukup tinggi.

Terbukti banyak pengunjung yang datang ke perpustakaan setiap harinya.

Perpustakaan Daerah itu memiliki berbagai fasilitas guna memberikan kenyamanan pengunjung.

Mulai dari ruang referen sebagai ruang baca, tetapi tidak boleh meminjam.  Kemudian ruang laktasi untuk ibu menyusui, ruang sinema mini, ruang anak yang memiliki ribuan buku bacaan anak-anak, play land, dan berbagai permainan.

Untuk mengedukasi anak terhadap kebudayaan, ruangan itu juga terdapat permainan tradisional seperti congklak.

Selain itu ada pula ruang multimedia dan ruang pelestarian, seperti koran-koran dari tahun 1990.

Khusus masyarakat difabel terdapat ruangan yang memiliki buku dengan huruf braille dan jalur difabel.

“Pengunjung juga bisa menikmati internet dari wifi secara gratis dan musala,” ujar dia.

Dalam gedung tersebut juga ada empat aula besar yang bisa para pegiat literasi dan masyarakat gunakan, seperti pelatihan jurnalistik, keuangan, ketenagakerjaan dan lainnya.

“Siapa saja bisa ingin menggunakan aula itu secara gratis. Untuk itu, kami juga mengajak semua pegiat literasi dapat berkolaborasi,” pungkasnya.

Ia berharap peran aktif dari dinas-dinas yang memiliki tim literasi untuk menggelar kelas minat dan bakat di Perpustakaan Modern Lampung. (an)