Ini Dia Maskot Pilkada Lampung 2024

Maskot Pilkada Lampung 2024 yakni Raung dan Maung telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung. (foto:beritalampung)
Maskot Pilkada Lampung 2024 yakni Raung dan Maung telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung. (foto:beritalampung)

Beritalampung.id (Balam) - Maskot Pilkada Lampung 2024 yakni Raung dan Maung telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung.

Dijelaskan bahwa Raung merupakan singkatan dari Suara Lampung. Sementara Maung adalah singkatan dari Masyarakat Lampung.

Maskot tersebut merupakan karya dari Erfan Septian. Ia merupakan Juara I Lomba Maskot Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang tergelar oleh KPU Lampung.

Dijelaskan oleh Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami Raung dan Maung memiliki filosofi dari hewan harimau sumatera.

Harimau ini merupakan populasi yang mendiami Pulau Sumatera dan salah satu habitatnya ada di Lampung.

“Harimau ini adalah satu-satunya anggota subspesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Dan dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah,” katanya.

Kemudian, harimau ini memiliki ciri khas pada bulunya.

Yakni berupa garis-garis vertikal gelap pada bulu oranye. Sementara bulu bagian bawah berwarna putih.

Raung adalah nama singkat dari Suara Lampung. Sementara Maung, adalah singkat dari Masyarakat Lampung.

Raung merupakan Harimau Jantan dan Maung merupakan Harimau Betina.

“Raung dan Maung sangat tepat untuk menjadi Maskot Pilkada Provinsi Lampung Tahun 2024. Karena telah mewakili 2 (dua) Adat Lampung yakni Pepadun dan Sai Batin,” jelasnya.

Selanjutnya ia menceritakan Raung dan Maung memakai mahkota kebesaran Provinsi Lampung yaitu Siger.

Sehingga menjadikan Raung dan Maung terlihat lebih bersahabat dengan masyarakat Lampung. Apalagi ada pakaian ornamen tapis Lampung yang membalut tubuhnya. (an)