5 Rekomendasi Tempat Wisata Yang Ada Di Lampung Timur

Berikut 5 rekomendasi tempat wisata yang ada di Lampung Timur. (foto:beritalampung)
Berikut 5 rekomendasi tempat wisata yang ada di Lampung Timur. (foto:beritalampung)

Beritalampung.id (Lamtim) - Lampung Timur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang mempunyai berbagai wisata alam, sejarah, dan budaya.

Wilayah dengan luas 5.300 kilometer persegi ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang beragam dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Beragam wisata di Lampung Timur yang dapat sobat beritalampung.id kunjungi di antaranya ada danau, pantai, hutan, situs purbakala, museum, hingga taman nasional.

Berikut 5 rekomendasi tempat wisata yang ada di Lampung Timur.

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu tempat wisata di Lampung Timur yang sangat populer dan paling terkenal.

Taman nasional ini berdiri sejak tahun 1989 dan merupakan pusat pelatihan gajah liar asli Sumatera.

Di kawasan seluas 130.00 hektare ini, sobat beritalampung.id dapat melihat kehidupan gajah-gajah yang liar yang dikonservasi dan dilindungi.

Selain itu, dapat berinteraksi dengan para gajah yang telah jinak dan terlatih, seperti menaiki gajah, memandikan gajah, dan memberi makan gajah.

Taman Nasional Way Kambas juga merupakan habitat bagi berbagai satwa lain, seperti badak Sumatera, harimau Sumatera, burung elang bondol, dan buaya muara.

2. Danau Way Jepara

Danau Way Jepara merupakan tempat wisata di Lampung Timur yang menawarkan suasana yang sejuk dan damai.

Danau ini berlokasi di Desa Way Jepara, Kecamatan Way Jepara, sekitar 70 Km dari arah Bandar Lampung.

Danau ini dikelilingi hutan dan kebun yang rimbun dan hijau serta memiliki air yang bersih.

Kemudian, di pinggir danau terdapat beberapa warung makan dan gazebo yang dapat gunakan untuk bersantai sambil menikmati kuliner khas Lampung Timur.

3. Pantai Kuala Kambas

Pantai Kuala merupakan tempat wisata Lampung Timur dengan keindahan alam yang mempesona wisata ini berlokasi di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, sekitar 70 km dari ibu kota kabupaten Sukadana.

Pantai ini sangat cocok untuk sobat beritalampung.id kunjungi jika ingin berenang, karena pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan halus, air laut yang jernih, serta ombak yang tenang.

Di sepanjang pantai terdapat pohon cemara yang menambah kesegaran udara dan juga dapat digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan yang eksotis.

4. Museum Budaya Lampung Timur

Museum Budaya Lampung Timur merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Lampung Timur.

Museum ini berlokasi di Jalan Lintas Timur Sumatera, Kecamatan Sukadana.

Museum ini memiliki berbagai koleksi benda-benda bersejarah dan budaya yang berkaitan dengan Lampung Timur, seperti alat-alat perang, alat-alat pertanian, alat-alat musik, seni ukir kayu, pakaian adat, dan lain-lain.

5. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan salah satu tempat wisata di Lampung Timur yang mempunyai nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Wisata ini berlokasi di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, berjarak sekitar 40 km dari ibu kota kabupaten Sukadana.

Taman purbakala ini menyimpan situs peninggalan zaman megalitikum berupa batu-batu besar yang tersusun membentuk berbagai makna dan pola.

Di wisata ini, dapat melihat berbagai bentuk batu megalitikum, mulai dari batu berlubang, batu berbentuk manusia, batu berundak, batu berbentuk binatang, dan lain-lain. (an)