Pesona Wisata Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan, khususnya Kota Kalianda dan sekitarnya menjadi magnitudo wisata Lampung bahkan Sumbagsel. (foto:beritalampung)
Kabupaten Lampung Selatan, khususnya Kota Kalianda dan sekitarnya menjadi magnitudo wisata Lampung bahkan Sumbagsel. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Lamsel) - Kabupaten Lampung Selatan, khususnya Kota Kalianda dan sekitarnya meliputi Kecamatan Katibung, Sidomulyo, Rajabasa, Penengahan, hingga Bakauheni menjadi magnitudo wisata Lampung bahkan Sumbagsel.

Bukan karena kebetulan Pelabuhan Bakauheni, Bandara Radin Inten II dan dilintasi 5 exit toll Tran Sumatera, bukan juga karena Bakauheni Harbour City (BHC).

Akan tetapi setiap tahun selalu ada yang baru di Lampung Selatan, inovasi, dan geliat investasi wisata mulai tingkat desa, perorangan, maupun korporasi yang begitu masif.

Lihat saja tahun ini Pantai Rio by the Beach, Setigi Heni begitu mempesona, hingga menarik ribuan pengunjung.

Tahun lalu Pantai Sanggar, Marina, Keduwarna, Arang, Minang Rua menjadi magnet bagi pengunjung wisata khususnya luar daerah terutama Bandarlampung, Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kota Palembang hingga Jambi.

Belum lagi kawasan wisata seputar Merak Belantung, mulai Pantai Bagus, hingga yang paling legend "Embeach dan Grand Elty/KLTDC/Krakatoa.

Bergeser sedikit ke arah barat ada kawasan Pantai Suak Sidomulyo, dengan beberapa pantainya yang mulai bergeliat hingga Bukit Silempuyang.

Kemudian, ke arah Bakauheni, Pantai Minang Rua Desa Klawi yang menjadi juara dalam lomba desa wisata nasional dengan kenyamanan tempat menginapnya.

Tak hanya itu, lokasinya juga berdekatan dengan "ikon" Lampung yaitu Menara Siger yang saat ini dikembangkan menjadi Proyek Strategis Nasional dari beberapa BUMN dengan adanya Masjid BSI dan Playland, dan ada juga Pulau Mengkudu, Batulapis dan Tanjung Tua sekitar Bakauheni.

Data pariwisata, ada 700.000 pengunjung wisata sepanjang tahun 2023, angka ini bisa lebih karena banyak yang tidak tercatat, karena masih ada puluhan destinasi wisata yang dikelola perseorangan atau desa sepanjang pantai pesisir.

Sehingga Kabupaten Lampung Selatan menjadi tempat yang menarik para wisatawan. (an)