5 Rekomendasi Wisata Alam Lampung Barat: Berikut Daftarnya

Lampung Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi saat akhir pekan. (foto:beritalampung)
Lampung Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi saat akhir pekan. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Lambar) - Lampung Barat merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi saat akhir pekan.

Tidak hanya memiliki wisata alam gunung, juga ada air terjun, kebun raya, hingga sungai di Lampung Barat. Bahkan, jika berlibur di Lampung Barat anda bisa menikmati spot berkemah, memancing hingga menikmati indahnya panorama alam di kabupaten tersebut.

berikut beberapa destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi.

1. Arung Jeram Way Besai

Arung Jeram Way Besai adalah salah satu wisata alam Lampung di Sungai Besai di Desa Sindang Jaya, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat.

Harga yang dikenakan untuk melakukan aktivitas arung jeram ini cukup murah yakni Rp 150.000 untuk enam orang dalam satu perahu. Arung Jeram Way Besai pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari.

Daya tarik arung jeram ini selain aliran sungai yang deras dan menantang adalah pemandangan alam yang disajikan.

2. Air Terjun Semantung

Air Terjun Semantung salah satu air terjun di daerah Lampung Barat tepatnya berlokasi di Dusun Semantung, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat.

Air Terjun Semantung ini tidak dikenakan biaya masuk atau masih gratis. Air Terjun Semantung buka 24 jam pada hari Sabtu dan Minggu.

3. Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa memiliki aneka tumbuhan yang menjadi koleksi kebun ini mulai dari tanaman hias, buah-buahan dan jenis tanaman lainnya. Lokasi Kebun Raya Liwa berada di Desa Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat.

Kebun Raya Liwa buka di hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Tiket masuk Kebun Raya Liwa sebesar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 tergantung usia wisatawan.

Kebun Raya Liwa memiliki pesona yang menarik mulai dari tanaman yang beragam, udara sejuk saat menyusuri jalan menuju tempat wisata ini.

4. Gunung Seminung

Gunung Seminung terletak di perbatasan Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat dan Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Gunung ini juga salah satu spot pendakian yang digemari masyarakat sekitar provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp 15.000 untuk menyebrangi Danau Ranau menuju Gunung Seminung.

5. Bukit Kabut Bawang Bakung

Bukit Kabut Bawang Bakung berlokasi di Negeri Ratu, Kabupaten Lampung Barat. Waktu operasional Bukit Kabut Bawang Bakung mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Tiket masuk Bukit Kabut Bawang Bakung yaitu Rp 5.000 per orang untuk siang hari dan Rp 10.000 per orang untuk malam hari. (an)