Peringati HPSN PC KMHDI Metro Lakukan Aksi Peduli Sampah

PC KMHDI Metro lakukan aksi peduli sampah dalam Rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Rabu (21/2/2024). (foto:beritalampung)
PC KMHDI Metro lakukan aksi peduli sampah dalam Rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Rabu (21/2/2024). (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Metro) - PC KMHDI Metro lakukan aksi peduli sampah dalam Rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Rabu (21/2/2024).

Adapun tema Hari Peduli Sampah Nasional 2024 yakni "Peduli lingkungan, Peduli kesehatan, Mewujudkan masyarakat tentram." 

Kegiatan aksi peduli sampah dilakuakn bersama dengan PHDI Kecamatan Trimurjo dan FKPH Kota Metro, dimulai dengan bersih-bersih di pura segara, Desa Trimurjo Bedeng 5.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon, dan penyaluran tempat sampah. 

Selain itu, sejumlah umat turut hadir dan memperingati HPSN 2024 dengan edukasi pemilahan sampah dari rumah dengan pola 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle.

Ketua PC KMHDI Metro I Gusti Angga Abimayusa, mengatakan bahwa perlunya kesadaran dalam pengurangan dan pemilahan sampah.

"Kita harapkan peringatan HPNS ini mampu menyadari bahwa pengurangan dan pemilahan sampah dilakukan mulai dari lingkungan terkecil seperti rumah tangga masing-masing," ujarnya.

I Gede gunawan selaku Kabid Sosmas mengingatkan sampah yang dihasilkan adalah tanggung jawab masing-masing. Yang mana dengan memilah sampah dari rumah, kinerja pengelolaan sampah bisa tercapai sesuai yang telah ditetapkan dalam Perda No.8 Tahun 2015.

"Pengelolaan dan pemilihan sampah tentunya menjadi tanggungjawab masing-masing, sehingga dapat tercapai pengelolaan sampah yang baik," ucapnya.

I Nyoman Aditya Mahendra selaku Kabid Litbang mengingatkan pentingnya Reboisasi untuk lingkungan setempat guna membangun lingkungan yang bersih demi keberlangsungan lingkunang yang bersih dan asri.

"Selain pengelolaan dan pemilihan reboisasi merupakan hal yang penting untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri," pungkasnya.

Tentunya dengan gerakan ini diharpakan masyarakat lebih peduli lagi dengan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan yang sehat. (an)