Resep Sekhawa Alias Ketan Durian Kudapan Lezat Khas Lampung

Tangkap layar - Sekhawa alias ketan durian kudapan khas Lampung yang lezat, Senin (15/06/2020) (Foto: Gemapos/Instagram @dapurkito_lampung)
Tangkap layar - Sekhawa alias ketan durian kudapan khas Lampung yang lezat, Senin (15/06/2020) (Foto: Gemapos/Instagram @dapurkito_lampung)

BeritaLampung.id (Balam) – Durian memiliki cita rasa yang sangat lezat dan sangat digemari oleh banyak orang, tak heran jika durian disebut dengan raja buah “King of The Fruits”. Selain disantap secara langsung, durian juga dapat menjadi bahan olahan makanan. Salah satunya sekhawa atau ketan durian yang berasal dari Lampung.

Sebagai salah satu sentra durian di Sumatera, Lampung memiliki beranekaragam makanan yang terbuat dari buah durian. Ketan durian ini sangat populer di Lampung, biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Ketan durian memiliki cita rasa manis dan gurih karena dipadukan dengan ketan dan kuah durian.

Cara membuat sekhawa atau ketan durian cukup mudah dan bisa kamu coba buat dirumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut resep membuat ketan durian Khas Lampung.

Bahan – bahan :

- 1 buah durian

- 1 kg beras ketan

- 1 liter santan kelapa

- Gula putih 250 gram

- Gula merah 250 gram

- 2 lembar daun pandan

- Garam secukupnya

 

Cara membuat :

- Langkah pertama, cuci bersih beras ketan kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit lalu angkat dan tiriskan.

- Langkah kedua, masak 500 ml santan, beri garam secukupnya dan 1 lembar daun pandan. Lalu masak hingga mendidih.

- Langkah ketiga, masukan beras ketan yang sudah dikukus dan aduk hingga rata kemudian diamkan sebentar agar santan meresap. Lalu kukus kembali sampai matang.

- Langkah keempat, kupas durian dan ambil bagian dagingnya saja. Bagi menjadi 2 porsi.

- Langkah kelima membuat kuah dengan masak 500 ml santan, garam, gula putih, gula merah dan daun pandan. Lalu aduk terus hingga mendidih. Kemudian masukan durian yang sudah di kupas lalu aduk hingga matang.

- Koreksi rasa, jika sudah pas sajikan ketan dan siramkan dengan kuah durian kemudian letakan daging buah durian di atas sebagai topping.

- Sekhawa atau ketan durian siap disajikan. (isy)