Resep Sambal Halipu, Makanan Favorit Masyarakat Lampung Barat

Tangkap layar - Sambal Halipu makanan Khas Lampung Barat yang lezat dan berkhasiat, Senin (7/05/2018) (Foto: Gemapos/Instagram @ariepitax)
Tangkap layar - Sambal Halipu makanan Khas Lampung Barat yang lezat dan berkhasiat, Senin (7/05/2018) (Foto: Gemapos/Instagram @ariepitax)

 

BeritaLampung.id (Balam) – Sambal halipu merupakan hidangan khas Lampung Barat yang terbuat dari halipu atau biasa dikenal siput sawah. Berukuran kecil dan memiliki cangkang berwarna hitam dan biasanya banyak dijual di pasar.

Memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa pedas, gurih dan lezat, bikin porsi makan jadi bertambah. Selain rasanya yang lezat, halipu memiliki kandungan protein, karbohidrat, fosfor dan kalsium. Khasiat yang terkandung dalam halipu ini memiliki manfaat seperti mencegah anemia, mendukung pertumbuhan tulang serta menutrisi otak.

Saat bulan Ramadhan, sambal halipu ini menjadi masakan favorit masyarakat lampung khususnya Lampung Barat yang disajikan sebagai menu makan sahur atau buka puasa. Sebelum dimasak halipu harus dibersihkan sampai benar – benar bersih agar kotoran pada halipu tidak tertinggal dan ambil bagian kepalanya saja. Penyajian sambal halipu ini biasanya disajikan dengan tambahan kentang dan petai. Berikut resep membuat sambal halipu yang bisa kamu coba dirumah.

Bahan – bahan :

- ½ kilogram halipu tidak bercangkang dan sudah dibersihkan

- 3 buah kentang

- 3 pelepah petai

- 15 cabe merah keriting (sesuai selera)

- 15 cabe rawit (sesuai selera)

- 3 buah tomat

- 2 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Penyedap secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat :

- Langkah pertama, kupas kentang dan dipotong dadu kemudian kupas petai lalu cuci keduanya hingga bersih.

- Langkah kedua, panaskan minyak lalu goreng kentang hingga matang dan kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan.

- Langkah ketiga, goreng halipu siap olah sebentar. Lalu angkat dan tiriskan.

- Langkah keempat, haluskan cabe merah keriting, cabe rawit, tomat, bawang putih dan bawang merah.

- Langkah kelima, panaskan minyak secukupnya kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu tumis bumbu hingga harum dan tambahkan garam, gula dan penyedap secukupnya.

- Langkah keenam, masukan halipu dan kentang yang telah digoreng serta petai. Aduk rata dengan bumbu dan masak hingga matang.

- Koreksi rasa jika sudah pas, angkat halipu dan siap disajikan. (isy)