Resep Sambal Rampai Khas Lampung, Nafsu Makan Semakin Meningkat

Tangkap layar - Sambal Rampai Khas Lampung yang lezat dan menambah selera makan, Rabu (21/09/2022) (Foto: Gemapos/ Instagram @dapoeribuarray)
Tangkap layar - Sambal Rampai Khas Lampung yang lezat dan menambah selera makan, Rabu (21/09/2022) (Foto: Gemapos/ Instagram @dapoeribuarray)

BeritaLampung.id (Balam) – Sambal merupakan makanan pendamping yang wajib bagi masyarakat Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khasnya masing – masing. Salah satunya sambal rampai yang berasal dari Lampung.

Seperti namanya, sambal rampai terbuat dari buah rampai yang bentuknya hampir menyerupai buah tomat. Sambal rampai ini cocok disajikan dengan nasi hangat dan juga lauk pauk seperti, ikan goreng, ayam goreng, tempe goreng dan lainnya.

Memiliki rasa yang nikmat dan campuran buah rampai yang segar membuat nafsu makan semakin meningkat. Buat kamu yang penasaran dengan rasa nikmat dari sambal rampai, yuk coba buat dengan resep dibawah ini.

Bahan – bahan :

- 250 gram buah rampai

- 3 siung bawang merah

- 5 buah cabe rawit merah (sesuai selera)

- 7 buah cabe rawit hijau (sesuai selera)

- 1 sdm terasi

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Penyedap rasa secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat :

- Langkah pertama, cuci bersih buah rampai lalu tiriskan.

- Langkah kedua, siapkan minyak kemudian goreng buah rampai, bawang merah, cabe rawit merah, cabe rawit hijau hingga layu.

- Langkah ketiga, ulek bahan yang sudah digoreng hingga halus dan tambahkan sedikit air.

- Langkah keempat, tambahkan gula, garam dan penyedap rasa.

- Kemudian koreksi rasa, jika rasa sudah pas sesuai dengan selera. Sambal rampai siap untuk dihidangkan bersama nasi hangat dan lauk pauk. (isy)