Aktivitas Positif Bulan Ramadhan Ala Gen Z Lampung

Selama bulan penuh berkah ini, anak-anak muda di Lampung pun biasa melakukan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat. (foto:beritalampung)
Selama bulan penuh berkah ini, anak-anak muda di Lampung pun biasa melakukan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Balam) - Bulan Ramadan tentunya dilingkupi semangat ibadah dan kebersamaan, termasuk juga di Lampung.

Sehingga dalam merayakan Bulan Ramadan dengan cara yang unik dan beragam di masing-masing daerah.

Selama bulan penuh berkah ini, anak-anak muda di Lampung pun biasa melakukan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat.

Beberapa kegiatan tersebut bahkan fokus pada memperdalam pengetahuan agama, meningkatkan ikatan spiritual, hingga berbagi kebaikan dengan sesama.

Terlebih, kegiatan-kegiatan ini bisa dilakukan dengan orang terdekat seperti teman-teman dan keluarga.

1. Berkunjung ke spot menarik

Anak muda Lampung seringkali menghabiskan waktu ngabuburit bersama teman-teman, salah satunya dengan berkunjung ke berbagai spot seru nan menarik di sekitar Lampung.

Salah satu spot yang  kian jadi sorotan akhir-akhir ini adalah Pantai Kedu Warna di Lampung Selatan, yang terkenal akan keindahannya.

Kemudian, PKOR War Halim, Lampung Elephant Park, Taman Kedaton, dan Taman Budaya Raden Intan juga jadi spot favorit untuk ngabuburit.

Selain bantu meramaikan tempat-tempat wisata lokal, kegiatan ngabuburit ke spot-spot ini bisa bantu kamu merefresh pikiran dan memberikan energi positif.

2. Khuskyuk Ibadah dan perdalam sejarah

Pada bulan Ramadan, masjid-masjid di Lampung seringkali menyelenggarakan acara keagamaan, mulai dari ceramah agama, tausiyah, kajian Al-Quran dan tadarus.

Gen Z Lampung ternyata cukup aktif untuk menghadiri acara-acara tersebut.

Apalagi, ada beberapa masjid bersejarah yang terdapat di Lampung, seperti Masjid Jami Al-Anwar dan Masjid Agung Kotabumi.

Di tempat-tempat ibadah bersejarah tersebut, anak muda tidak cuma bisa makin khusyuk beribadah, tapi juga memperdalam sejarah islam di tempat tinggal mereka.

Kegiatan ini tentunya juga menjadi kesempatan berinteraksi dan bersilaturahmi dengan sesama.

3. Berburu Takjil

Selain melakukan tradisi dan berbagi kebaikan, anak muda juga kerap aktif berburu takjil di Bulan Ramadan.

Gen Z Lampung juga bisa dibilang antusias dalam mempersiapkan hidangan untuk berbuka.

Terlebih, Lampung punya banyak makanan khas yang enak untuk disajikan saat takjil dan berbuka, mulai sekubal, geguduh, serbat kweni, dan engkak ketan.

Selain bisa dinikmati oleh diri sendiri dan keluarga, kegiatan berburu takjil ini juga bisa jadi kesempatan kamu untuk berbagi rezeki dengan para pelaku UMKM selama bulan suci Ramadan.

4. Berbagi Kebaikan Sebanyak Mungkin

Kegiatan selanjutnya yang selalu dilakukan di bulan Ramadan adalah berbagi kebaikan karena saat Ramadan pahala kita akan dilipatgandakan, maka ini adalah waktu dimana kita perbanyak berbagi kebaikan.

Tapi, berbuat baik tak harus selalu dengan materi kok, semudah senyum, mendoakan, membantu orang juga bentuk kebaikan yang mudah dan bisa dilakukan.

Di era digital seperti sekarang, anak muda juga punya cara sendiri untuk berbagi kebaikan, salah satunya dengan memanfaatkan platform online.

Gen Z Lampung pun tahu betul caranya memanfaatkan media sosial atau platform penggalangan dana online untuk tujuan yang bermanfaat dan membantu mereka yang membutuhkan.

Seperti provider Tri, yang ajak Gen Z untuk lakukan #MudahnyaKebaikan bersama. (an)