Jelang Libur Lebaran Tiket Pesawat Alami Kenaikan Signifikan

Harga tiket sejumlah maskapai naik ada periode libur lebaran 2024 terutama rute Lampung-Jakarta dan sebaliknya. (foto:beritalampung0
Harga tiket sejumlah maskapai naik ada periode libur lebaran 2024 terutama rute Lampung-Jakarta dan sebaliknya. (foto:beritalampung0

BeritaLampung.id (Lamsel) - Harga tiket sejumlah maskapai naik ada periode libur lebaran 2024 terutama rute Lampung-Jakarta dan sebaliknya.

Pengguna transportasi pesawat mulai mengeluhkan tingginya harga tiket pada periode tersebut.

Dari pantauan harga melalui aplikasi online travel agent (OTA) atau agen perjalanan daring, harga tiket pesawat pada periode libur lebaran tinggi.

Seperti untuk rute Lampung - Jakarta dan Jakarta Lampung.

Harga tiket pesawat jelang lebaran, atau kerap disebut arus mudik, harga terendah yang ditawarkan OTA paling rendah tetap di atas Rp 500 ribu, berkisar Rp 529 ribu dan Rp 530 ribu.

Harga lebih tinggi saat arus balik,  dengan harga terendah di atas Rp 800 ribu, tepatnya Rp 862 ribu dan Rp 866 ribu.

Padahal untuk hari normal, harga rata-rata tiket pesawat ada di bawah Rp 400 ribu, berkisar antara Rp 371 ribu dan Rp 369 ribu.

Untuk rute berkebalikan, harga yang tertera di OTA tidak jauh berbeda dari itu.

Diketahui, Pemerintah sudah menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 106 Tahun 2019 Tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dalam keputusan tersebut, salah satu poin pada lampirannya, untuk rute penerbangan Jakarta - Lampung, batas atas harga tiket pesawat ada di angka Rp 447.000.

Sedangkan batas bawahnya ada di harga Rp 156.000. (an)