Rawan Bencana BPBD Pesibar Himbau Masyarakat Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat himbau masyarakat untuk waspada bencana alam. (foto:beritalampung)
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat himbau masyarakat untuk waspada bencana alam. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Pesibar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat himbau masyarakat untuk waspada bencana alam.

BPBD mencatat pada Jumat (8/3/2024) ada empat titik bencana alam yang terjadi di Pesisir Barat, Lampung.

"Hari ini ada empat titik bencana yang terjadi di Pesisir Barat," ungkap Hermansyah, Jumat (8/3/2024).

Bencana yang terjadi mulai dari banjir yang disebabkan hujan deras hingga pohon tumbang di tiga titik.

Banjir yang melanda Pesisir Barat hari ini terjadi di Pekon Negeri Ratu Ngambur, Kecamatan Ngambur dan pohon tumbang terjadi di Pekon Rata Agung, Kecamatan Lemong.

Kemudian, Pekon Labuhan Mandi Kecamatan Way Krui dan di Pekon Labuhan Pemerihan Kecamatan Bangkunat juga terjadi pohon tumbang.

BPBD mengimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati mengingat curah hujan di Pesisir Barat saat ini masih cukup tinggi.

Terutama di daerah yang rawan terjadi bencana tanah longsor,pohon tumbang dan banjir.

Terdapat tiga titik yang rentan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor, yakni di Jalinbar Krui-Tanggamus, Jalinbar Krui-bengkulu dan Jalinbar Liwa-Krui.

Sementara untuk daerah yang rawan terjadi banjir bandang yakni di Kecamatan Pesisir Selatan, Ngambur dan Ngaras serta Kecamatan Karya Penggawa.

Pihaknya meminta agar masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaan di tengah tingginya curah hujan yang terjadi.

"Dari kemarin sampai sekarang curah hujan di Pesisir Barat cukup tinggi, bahkan sekarang masih gerimis, untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan," pungkasnya. (an)