Mulai Bermunculan Nama-Nama Cabup Pesisir Barat

Jelang Pilkada 2024 di Pesisir Barat, sejumlah nama bakal calon bupati (bacabup) mulai bermunculan. (foto:beritalampung)
Jelang Pilkada 2024 di Pesisir Barat, sejumlah nama bakal calon bupati (bacabup) mulai bermunculan. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Pesibar) - Jelang Pilkada 2024 di Pesisir Barat, sejumlah nama bakal calon bupati (bacabup) mulai bermunculan.

Salah satunya Septi Istiqlal, istri dari Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal.

Kemudian, Ketua TP PKK Pesisir Barat itu tengah menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat umum akan maju pada Pilkada 2024.

Sebab, Bupati sekarang yang juga yang juga Ketua DPD NasDem Pesisir Barat telah dua periode memimpin kabupaten itu.

Selain itu, Septi juga kemungkinan besar akan maju melalui Partai NasDem.

Peluang itu terbuka lebar, sebab NasDem merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak hasil Pileg 2024. NasDem memperoleh 7 dari 25 kursi DPRD Pesisir Barat.

Sehingga NasDem tidak perlu berkoalisi dengan partai lain karena syarat mengusung paslon bupati dan wakil bupati di kabupaten itu minimal memiliki lima kursi di DPRD.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan NasDem bakal berkoalisi dengan partai politik lain.

Selanjutnya Dedi Irawan, Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Pesisir Barat.

Mantan anggota DPRD periode 2014-2019 tersebut berlatar pengusaha hasil bumi. Ia juga sosok yang tengah menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat.

Kemudian, Ali Yudiem, Ketua DPC PKB Pesisir Barat. Ia saat ini masih Wakil Ketua Dua DPRD Pesisir Barat.

Nama lainnya ada Reza Pahlevi, anggota DPRD Pesisir Barat dari PKB.

Lalu ada nama Sudirman D Hury, mantan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan. Abd Kodrat, Ketua Bawaslu Pesisir Barat saat ini.

Rahman Kholid, Ketua DPD II Partai Golkar Pesisir Barat. Aria Lukita Budiwan mantan cabup Pesisir Barat, dan Kherlani, mantan Pj Bupati Pesisir Barat pertama, serta Qudrotul Ikhwan, mantan Pj bupati Pesisir Barat.

Meski nama bakal calon bupati Pesisir Barat sudah bermunculan, untuk nama bakal calon wakil bupati (cawabup), belum begitu santer terdengar. (an)