Pemprov Lampung Segera Perbaiki Jalan Bandar Jaya-Simpang Mandala

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Taufiqullah, menyatakan Pemerintah Provinsi akan segera memperbaiki ruas jalan Bandar Jaya- Simpang Mandala. (foto:beritalampung)
Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Taufiqullah, menyatakan Pemerintah Provinsi akan segera memperbaiki ruas jalan Bandar Jaya- Simpang Mandala. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Lamteng) - Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Taufiqullah, menyatakan Pemerintah Provinsi akan segera memperbaiki ruas jalan Bandar Jaya- Simpang Mandala.

Kondisi jalan tersebut sempat dikeluhkan oleh masyarakat setempat.

Dikatakan bahwa rencana penanganan akan dilakukan rekonstruksi jalan sepanjang 700 meter.

Kemudian, kontruksi rigid beton serta saluran drainase terlebih dahulu di ruas jalan tersebut.

Setelahnya pihaknya akan melakukan proses lelang dimana anggaran yang diperkirakan adalah sebesar Rp 10,1 miliar.

"Dalam rangka memenuhi janji beliau dalam memenuhi aspirasi masyarakat Lampung Tengah pada ruas Bandar Jaya - Simpang Mandala," ujarnya.

"Dinas BMBK telah melakukan survei peninjauan lokasi yang akan dilaksanakan rekonstruksi jalan di tahun anggaran 2024 ini," imbuhnya Minggu (17/3/2024).

Survei ini dilaksanakan pada tanggal 26 Februari lalu pada segmen-segmen yang mengalami rusak parah.

Terutama pada lokasi Pasar Bandar Jaya (Jalan Jenderal Sudirman).

Kemantapan tersebut menggambarkan kondisi ruas jalan yang baik sepanjang 18,53 kilometer atau 50,07 persen.

Kondisi sedang 11,14 kilometer atau 30,1 persen, kondisi rusak ringan 2,25 kilometer atau 6,08 persen, serta kondisi rusak berat 5,08 kilometer 13,74 persen.

"Dari survei ini diketahui bahwa penyebab kerusakan di segmen ini adalah dikarenakan drainase jalan yang ada tidak berfungsi dengan baik."

"Sebagian ditutup untuk jalan parkir ke komplek pertokoan," katanya

"Namun, dengan memaksimalkan dana APBD yang ada, kami akan fokus pada segmen Pasar Bandar Jaya dengan rekonstruksi rigid beton dan penanganan drainase lengkap," tegasnya.

Di tempat-tempat lain yang mengalami kerusakan, Dinas BMBK akan melakukan penambalan lubang dengan base melalui program Unit Reaksi Cepat. (an)