KPU Lampung Barat Siapkan Anggaran 4,2 M Untuk Operasional KPPS

Jelang Pemilu KPU Lampung Barat persiapkan anggaran senilai Rp 4,2 miliar untuk biaya operasional KPPS saat Pemilu berlangsung. (foto:beritalampung)
Jelang Pemilu KPU Lampung Barat persiapkan anggaran senilai Rp 4,2 miliar untuk biaya operasional KPPS saat Pemilu berlangsung. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Lambar) - Jelang Pemilu KPU Lampung Barat persiapkan anggaran senilai Rp 4,2 miliar untuk biaya operasional KPPS saat Pemilu berlangsung.

Redy Kennedy selaku Sekretaris KPU Lampung Barat mengatakan, biaya operasional Pemilu untuk KPPS itu akan disalurkan ke 982 TPS yang ada di Lampung Barat.

“Jadi saat hari H Pemilu nanti, untuk satu TPS di Lampung Barat masing-masing akan diberi biaya operasional sebesar Rp 4.3 juta,” ujarnya, Kamis (8/2/2024).

“Artinya jika dikalikan dengan jumlah 982 TPS, maka kurang lebih anggaran yang dikeluarkan senilai Rp 4,2 miliar,” terusnya.

Kemudian, untuk biaya satu TPS itu nantinya terbagi dari biaya dukungan operasional KPPS, dukungan tungsura, dan uang makan serta snack.

“Untuk dukungan operasional KPPS itu senilai Rp 1 juta. Rinciannya yakni paket data untuk dua orang Sirekap masing-masing Rp 50 ribu,” jelasnya.

“Multivitamin untuk tujuh KPPS dan dua Linmas Rp 450 ribu, ATK Rp 150 ribu, dan kebutuhan lainnya Rp 300 ribu,” tambahnya.

Sementara itu untuk dukungan tungsuru, biaya yang dikeluarkan KPU untuk satu TPS itu senilai Rp 2,4 juta.

Rinciannya yakni alat scan/fotocopy senilai Rp 500 ribu yang dikenakan PPh 23 senilai Rp 20 ribu dan ditarik langsung oleh bendahara KPU.

Lalu pembuatan atau kelengkapan TPS senilai Rp 2 juta yang didalamnya termasuk tenda, kursi, papan pengumuman, sound system, genset dan lainnya.

Selanjutnya untuk biaya makan dan snack senilai Rp 864 ribu dengan rincian Rp 720 ribu untuk makan sembilan orang (KPPS dan Linmas) selama dua hari.

Kemudian Rp 144 ribu untuk snack yang diberikan ke sembilan orang (KPPS dan Linmas) dengan hitungan selama dua hari juga.

Hingga saat ini tidak ada kendala dalam penyaluran biaya operasional untuk KPPS di tiap TPS yang ada di Lampung Barat ini.