Jako Surya Rahmadhan: Duta Siswa Indonesia Berbakat Muda 2024

Jako Surya Rahmadhan, siawa SMA N 1 Pringsewu wakil lampung peraih Duta Siswa Indonesia Berbakat Muda 2024. (foto:beritalampung/dok.pribadi)
Jako Surya Rahmadhan, siawa SMA N 1 Pringsewu wakil lampung peraih Duta Siswa Indonesia Berbakat Muda 2024. (foto:beritalampung/dok.pribadi)

BeritaLampung.id (Balam) - Satu lagi siwa berprestasi dari Provinsi Lampung yang sukses menyabet gelar dalam ajang Duta Siswa Indonesia Tingkat Nasonal tahun 2024 di Medan pada 18-22 Januari 2024.

Jako Surya Rahmadhan, yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Pringsewu itu menjadi top 21 dan menyabet gelar Duta Siswa Indonesia Berbakat Muda 2024.

“Alhamdulillah bisa mewakili Lampung, masuk top 21 dan dinobatkan sebagai Duta Siswa Indonesia Berbakat Muda 2024,” kata Jako Surya Rahmadhan kepada BeritaLampung.id, Kamis (1/2/2024) malam.

Duta Siswa Indonesia Tingkat Nasonal Tahun 2024 merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Internasional Lingkar Inspirasi Bangsa, dan kali ini digelar di Kota Medan Sumatera Utara.

Sebanyak 130 siswa dari seluruh provinsi menjadi Grand Finalis setelah mengikuti seleksi ketat sebanyak lima tahapan.

Pendaftaran dimulai sejak Agustus 2023 dan berlangsung selama 5 bulan. Sementara seleksi sebanyak lima tahapan digelar secara online.

Pada tahapan pertama adalah seleksi berkas dengan jumlah pendaftar lebih dari 5000 peserta dan yang diterima pada tahapan pertama hanya 2000 peserta.

Kemudian tahapan kedua adalah tes publik dimana peserta harus mencari dukungan melalui media sosial dengan mengumpulkan like dan komen sebanyak-banyaknya.

Di tahapan ketiga adalah tes pengetahuan umum, dan tahapan keempat ada tes bakat online.

“Pada tes online, saya masuk dalam 10 penampilan bakat terbaik, yang di tampilkan di Medan,” ujar jako.

Sementara itu untuk tahap terakhir adalah tes wawancara secara online. Tes ini menjadi penentu siapa yang akan menjadi perwakilan setiap provinsi masing-masing.

Setelah lima tahap itu, ada tujuh siswa dari Provinsi Lampung yang lolos seleksi dan menjadi Grand Finalis di Medan.

Puncak penyelenggaraan Grand Final Duta Siswa Indonesia digelar pada 22 Januari 2024 di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kota Medan pada Senin, 22 Januari 2024. Dengan 130 peserta perwakilan siswa dari seluruh Indonesia. (sat)