Pupuk Indonesia Siapkan 293 Ton Pupuk Bersubsidi Untuk Bandar Lampung

Guna menghindari terjadinya kelangkaan pupuk, PT Pupuk Indonesia siapkan 293 ton pupuk subsidi untuk petani di Bandar Lampung. (foto:beritalampung)
Guna menghindari terjadinya kelangkaan pupuk, PT Pupuk Indonesia siapkan 293 ton pupuk subsidi untuk petani di Bandar Lampung. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Balam) - Guna menghindari terjadinya kelangkaan pupuk, PT Pupuk Indonesia siapkan 293 ton pupuk subsidi untuk petani di Bandar Lampung.

"Untuk Bandar Lampung, kami menyiapkan pupuk urea sebanyak 146 ton dan pupuk NPK 147 ton, totalnya 293 ton," ujar Manajer Penjualan Lampung I Pupuk Indonesia, Eko Winarto, Selasa (30/1/2024).

Ia menjelaskan bahwa pupuk subsidi ini dapat dibeli oleh petani Bandar Lampung melalui 2 kios yang berada di Rajabasa dan Tanjung Senang.

"Penyaluran pupuk di tahun 2024 ada perubahan mekanisme penyaluran pupuk subsidi. Jadi pembelian menggunakan aplikasi ipubers yang dilakukan oleh kios. Sementara petani hanya perlu menunjukan KTP saja untuk pembelian," terangnya.

Kemudian, pupuk subsidi ini dapat dibeli petani dengan harga Rp 2.250 untuk pupuk urea perkilo dan Rp2.300 perkilo untuk NPK.

Akan tetapi alokasi pupuk bersubsidi di Bandar Lampung tidaklah terlalu banyak dibandingkan dengan kabupaten lain di Lampung.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkot Bandar Lampung, Erwin mengatakan, mulai besok, pupuk subsidi ini sudah dapat dibeli oleh petani di Bandar Lampung.

"Alhamdulillah mulai beosk penyaluran sudah bisa dijalankan," katanya.

"Petani sudah bisa mengambil pupuk untuk musim tanam di tahun ini, syaratnya hanya membawa KTP," lanjutnya.

Erwin menerangkan, petani yang mendapatkan subsidi di Bandar Lampung mencapai 755 orang. (an)