Pemprov Lampung Dorong Penyaluran Pupuk Secara Tepat Sasaran

Pemprov Lampung terus berupaya dorong penyaluran pupuk subsidi dan non subsidi ke petani secara tepat sasaran. (foto:beritalampung)
Pemprov Lampung terus berupaya dorong penyaluran pupuk subsidi dan non subsidi ke petani secara tepat sasaran. (foto:beritalampung)

BeritaLampung.id (Balam) - Senin (29/01/2024), Pemprov Lampung terus berupaya dorong penyaluran pupuk subsidi dan non subsidi ke petani secara tepat sasaran.

Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan, Pemprov Lampung tengah membangun kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

"Saya membangun kerjasama supaya lebih efisien dan jangan sampai penyaluran pupuk itu masih ada kesulitan," ujarnya.

Penyaluran pupuk bersubsidi dilakukan semata untuk mempermudah petani mendapatkan pupuk saat memasuki musim tanam sehingga tidak terjadi keterlambatan tanam.

“Saya koordinasi dengan Pusri. Jadi ketika diperlukan benihnya ada. Begitu juga ketika ditanam perlu pemupukan pupuk nya ada," tambahnya.

Sebelumnya Pemprov Lampung dan Pusri telah menjalin kesepakatan. Kesepatakan tersebut adalah supaya pupuk yang dibutuhkan petani dapat langsung diterima petani, ini menghindari keterlambatan realisasi saat musim tanam.

Pemprov mengharapkan pupuk bisa segera mungkin sampai ke desa. Mekanismenya ialah sebelum petani melakukan pembayaran, maka terlebih dahuku dibayarkan oleh bank ke Pusri.

"Kita punya BUMDes dan KPB. Ini yang memberikan kemudahan bagi petani untuk mendapatkan benih dan pupuk. Jadi bank sudah terlebih dahulu bayar ke Pusri," pungkasnya.

Akan tetapi, kemudahan yang diberikan tersebut bukan berarti penyaluran pupuk yang digratiskan. Tapi hanya untuk memastikan pupuknya tersalurkan tepat waktu dan dimanfaatkan dengan benar. (an)