Alasan Pelaku Joki Tes CPNS Tidak Ditahan Oleh Polda Lampung

Tangkap layar - Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Selasa (24/10/2023) (foto: gemapos/Instagram @humas_poldalampung)
Tangkap layar - Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Selasa (24/10/2023) (foto: gemapos/Instagram @humas_poldalampung)

BeritaLampung.id (Balam) – Mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) pelaku joki tes CPNS Kejaksaan Tahun 2023 beberapa waktu lalu, tidak ditahan oleh Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, RDS (20) tidak ditahan dengan alasan dirinya koorperatif selama menjalani pemeriksaan, namun harus melakukan wajib lapor.

“Pelaku joki RDS saat ini belum kita tahan karena yang bersangkutan koorperatif sehingga wajib lapor,” ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Senin (27/11/2023).

Umi juga mengatakan, kasus tersebut belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka, namun kasus tersebut sudah naik tahap penyidikan.

“Penetapan tersangka belum, tapi sudah naik penyidikan. Saat ini, Ditreskrimsus Polda Lampung masih melakukan pengejaran terhadap lima orang yang merupakan komplotannya,” ujar Umi.

Umi mengungkapkan, hasil pemeriksaan sementara sebagian dari komplotan joki tes CPNS tersebut merupakan mahasiswa ITB.

“Ditreskrimsus Polda Lampung telah melakukan gelar perkara terkait kasus joki tes CPNS itu, sampai saat ini kita masih melakukan pendalaman. Diantara lima orang itu, sebagian dari mahasiswa ITB,” ujar Umi.

Atas perbuatannya, pelaku terancam hukuman dengan Pasal 35 UU ITE Junto Pasal 51 Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana telah dirubah dengan Undang – Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan 263 Ayat 1,2 KUHP. (isy)