Jabatan Gubernur Berakhir Besok, Namun Belum Ada Kejelasan Nama PJ

Pemprov Lampung masih menunggu penetapan nama penjabat (Pj) Gubernur Lampung. (foto:beritalampung)
Pemprov Lampung masih menunggu penetapan nama penjabat (Pj) Gubernur Lampung. (foto:beritalampung)

Beritalampung.ID - Hingga Selasa (11/6/2024) Pemprov Lampung masih menunggu penetapan nama penjabat (Pj) Gubernur Lampung.

Mengingat akan berakhirnya masa jabatan Arinal Djunaidi pada 12 Juni 2024.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu surat keputusan.

"Hingga saat ini untuk keputusan nama penjabat Gubernur Lampung belum kami ketahui dan untuk surat keputusan penjabat Gubernur Lampung pun belum ada pemberitahuan," ujarnya.

Saat ini pihak Pemprov Lampung masih menunggu pemberitahuan serta undangan selanjutnya terkait nama Pj Gubernur Lampung.

"Seperti yang kita ketahui bahwa pada 12 Juni nanti Gubernur Lampung Arinal Djunaidi masa jabatannya akan berakhir, sehingga kami saat ini tengah mempersiapkan acara pelepasan serta pelantikan," katanya.

Bila sesuai jadwal pelantikan akan berlangsung pada Rabu (12/6/2024) dan pelepasan akan dilakukan sehari setelah pelantikan.

"Pelantikan kalau sesuai jadwal akan berlangsung pada Rabu, tapi kalau belum terjadi, mungkin ada penunjukan pelaksana harian (Plh) atau pelaksana tugas (Plt)," pungkasnya.

Pelaksana harian atau pelaksana tugas Gubernur Lampung akan ditunjuk langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pelaksana harian atau pelaksana tugas biasanya otomatis ditunjuk karena hanya selang 1-2 hari sampai nama penjabat gubernur ditentukan, dan biasanya sekretaris daerah.

Akan tetapi ini tergantung Kemendagri juga siapa yang bisa ditunjuk menjadi Plh sementara waktu atau Pj Gubernur Lampung. (an)