Mengenal Tugu Kopiah Emas Lampung Tengah

Tugu kopiah emas ini sendiri memiliki tinggi 11 meter dengan diameter lingkarannya 3 meter. (foto:beritalampung)
Tugu kopiah emas ini sendiri memiliki tinggi 11 meter dengan diameter lingkarannya 3 meter. (foto:beritalampung)

Beritalampung.id (Lamteng) - Gunung Sugih adalah sebuah pusat pemerintahan kabupaten Lampung tengah, yang memiliki taman budaya dengan lokasi yang sangat strategis.

Hanya berjarak 0,5 Km dari Ibukota kabupaten, dan berjarak 61 Km dari Ibukota provinsi.

Lokasinya juga berada tepat di samping jalur Lintas Sumatera yang membuatnya jadi daya tarik pengguna jalan.

Khususnya bagi mereka yang baru pertama kalinya melintasi jalan Lintas Sumatera tentu jangan sampai lewatkan momen ini sebagai tanda pernah berkunjung ke Lampung Tengah.

Tujuan awal pembangunan taman budaya ini adalah untuk mempercantik Ibukota Lampung tengah, juga lokasinya yang berdekatan dengan pusat pemerintahan kabupaten Lampung tengah.

Namun, karena berada di lokasi yang terbuka taman budaya ini menjadi sasaran para wisatawan untuk tujuan rekreasi, membuat vlog dan lain sebagainya.

Taman Budaya ini memiliki sebuah patung yang sangat menonjol dan menunjukan identitas kota sebagai daerah Lampung, yaitu tugu Kopiah Emas.

Kopiah Emas sendiri merupakan penutup kepala bagi adat Lampung laki-laki.

Tugu kopiah emas ini sendiri memiliki tinggi 11 meter dengan diameter lingkarannya 3 meter.

Tugu kopiah emas ini di bangun di pinggir jalan lintas Sumatera berdampingan dengan tugu pengantin, yang menampilkan sepasang pengantin yang berdampingan dalam balutan pakaian adat Lampung. 

Monumen ini begitu mencolok di kota pusat pemerintahan kabupaten Lampung Tengah. Terlebih lagi dengan adanya rumah-rumah adat dan beberapa tugu lainnya seperti tugu pepadun, dan tugu canang.

Jadi buat sobat beritalampung.id jangan sampai tidak mengambil momen di tugu kopiah ketika melintas di Gunung Sugih. (an)