Dinas Pariwisata Targetkan 1 Juta Wisatawan Kunjungi Lampung Selatan

Tercatat hingga Mei 2024 ini saja, sebanyak 941.667 wisatawan telah mengunjungi Kabupaten Lampung Selatan. (foto:beritalampung)
Tercatat hingga Mei 2024 ini saja, sebanyak 941.667 wisatawan telah mengunjungi Kabupaten Lampung Selatan. (foto:beritalampung)

Beritalampung.id (Lamsel) - Berbicara keindahan alam yang memukau Kabupaten Lampung Selatan selalu menjadi destinasi utama.

Saat ini, Kabupaten Lampung Selatan terus mulai berbenah mempercantik diri.

Kabupaten berjuluk bumi Khagom Mufakat ini telah layak disebut sebagai salah satu destinasi wisata utama di Provinsi Lampung, bahkan di Pulau Sumatera.

Tercatat hingga Mei 2024 ini saja, sebanyak 941.667 wisatawan telah mengunjungi Kabupaten Lampung Selatan.

Tentunya untuk menjelajahi keindahan alam serta objek wisata yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Kurnia Oktaviani, S.Sos, M.M., mengatakan, angka kunjungan wisatawan tersebut masih didominasi wisatawan domestik.

“Paling banyak dari Sumatera Selatan seperti Palembang, lalu ada dari Medan. Kemudian dari Pulau Jawa seperti Jakarta, Banten dan Tangerang sekitarnya,” ujarnya.

Kemudian ditargetkan tahun 2024 kunjungan wisatawan ke Lampung Selatan dapat menembus angka 1 juta orang.

Yang mengukuhkan Lamsel memang telah pantas disebut sebagai daerah tujuan utama wisata.

“Insyaallah tahun 2024 ini akan menjadi tonggak sejarah, dimana kunjungan wisatawan ke daerah kita dapat menembus 1 juta orang untuk pertama kalinya,” jelasnya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan kunjungan, seperti tersedianya infrastruktur jalan tol, peningkatan dan pengembangan kualitas objek wisata.

Tak hanya itu, pilihan objek wisata yang beragam hingga pemasaran yang aktif, baik melalui promo antar wisatawan yang bertukar informasi dan pengalaman maupun promo secara massif oleh stakeholder.

Kemudian secara kontinu atau berkelanjutan melakukan pemantauan hingga evaluasi dan juga menjalin kerja sama dengan stakeholder atau pihak terkait.

“Pak bupati, Nanang Ermanto berpesan, bahwa daerah Lampung Selatan memiliki potensi yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain. Yakni salah satu daerah yang dianugerahi alam yang indah. Maksimalkan potensi tersebut sesuai dengan tupoksi untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (an)