Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo Buka WSL Krui Pro 2024

Secara resi hari ini gelaran lomba selancar internasional bertajuk World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 tahun 2024 dibuka. (foto:beritalampung)
Secara resi hari ini gelaran lomba selancar internasional bertajuk World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 tahun 2024 dibuka. (foto:beritalampung)

Beritalampung.id (Pesibar) - Secara resmi hari ini gelaran lomba selancar internasional bertajuk World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 tahun 2024 dibuka.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo membuka secara langsung di Pantai Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat Lampung, Selasa (28/5/2024).

Menteri Dito Ariotedjo menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Pesisir Barat atas digelarnya WSL Krui Pro tersebut.

"Kami mengapresiasi Bupati Pesisir Barat, mohon maaf pada pembukaan tahun lalu belum bisa menghadiri WSL Krui Pro,"ungkapnya saat sambutan.

Selama ini penyelenggaran WSL terpecah-pecah di berbagai daerah, diantaranya di Lampung, Bali, Aceh, NTT, dan lainnya.

Namun untuk tahun 2025, pihaknya telah menyepakati WSL akan menjadi rangkaian event nasional.

"Saya melihat dari rangkaian WSL ini dimulai dari Krui memiliki dampak ekonomi dan pariwisata yang sangat besar," ujarnya.

Sebelumnya pelaksanaan Krui Pro pada 2017, peserta yang mengikuti kejuaraan WSL ini hanya sebanyak 60 hingga 80 peserta saja.

Akan tetapi pada tahun 2024, peserta yang mengikuti ajang WSL Krui Pro berjumlah 265 peserta dari 20 negara.

Hal ini lanjutnya, menunjukkan bahwa ombak Pantai Pesisir Barat Lampung sudah dikenal di dunia internasional.

Ditambahkannya, ada satu lagi yang tidak kalah penting yakni pengembangan Bandara Taufik Kiemas.

"Kita harus bangga bahwa Krui mendapatkan peringkat tertinggi WSL yakni WSL QS 5000 dan inilah yang menarik minat olahraga surfing," pungkasnya. (an)